BEDA OTAK LAKI_LAKI DENGAN PEREMPUAN

Posted: September 9, 2009 in Uncategorized
Tag:

Ada istilah yang populer dalam keseharian, ia lelaki lebih dominan menggunakan akal dan perempuan lebih mengandalkan perasaan. Perempuan lebih banyak bicara daripada laki-laki. Anda boleh setujua atau tiak. Tapi harus disadari bahwa secara fisik keduanya memang berbeda yang tentu saja berpengaruh pada aktifitas masing-masing.
Empat beda
Para ahli mnyebutkan secara umum ada empat perbedaan mendasar yang dimiliki oleh otak laki-laki dan perempuan. Pertama, perbedaan spesial. Pada laki-laki, otak cenderung berkembang dan memiliki spesial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi dan manipulasi benda-benda fisik, hal ini tidak terjadi di otak perempuan. Maka tak heran jika laki-laki sangat suka mengotak-atik kendaraan daripada perempuan.
Kedua, perbedaan verbal. Daerah konstek pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spesial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah krteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Kumpulan syaraf yang menghubungkan otak kiri dankanan laki-laki seperempat lebih kecil dari otak perempuan.
Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan atau otak kiri saja, otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya denagn bantuan penghubung tersebut. Itu sebabnya mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang laki-laki.
Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata perhari, sementara laki-laki hanya 7000 kata perhari. Ini pula yang menjelaskan perempuan bisa melakukan beberapa aktifitas yang tidak ada hubungannya dalam waktu yang bersamaan.
Ketiga, perbedaan bahan kimia. Otak perempuan lebih banyak mengandung zat kimia bernama seratonim yang bisa membuatnya lebih tenang dari pada pada laki-laki. Ini yang menyebabkan peremuan lebih banyak yang kalem dan cenderung ”lemah” ketika menghadapi tekanan. Berbeda dengan laki-laki yang lebih anyak cepat naik pitam.
Keempat, perbedaan materi. Pusat memori (hippocumpus) dalam otak perempuan cenderung lebih besar daripada otak laki-laki. Ini bisa menjawab kenapa laki-laki leih sering lupa sementara perempuan bisa mengingat sesuatu secara detail.
Saling isi
Selain otak, tentu saja faktor bentuk fisik, hormon dan lingkungan juga turut berkontribusi. Sudah umum terjadi bahwa laki-laki cenderung berbohong dan wanita cenderung cengeng adalah salah satu efek perbedaan itu.
Masing-masing memang memiliki perbedaan dankeunikan sendiri-sendiri. Allah SWT menciptakan ada laki-laki dan perempuan dengan segala perbedaannya tidak untuk dibeda-beda dan menghakimi yang satu lebih baik dari yang lain, tetapi agar keduanya saling menghargai dan mengisi kekurangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s