ANEMIA

Posted: September 9, 2009 in Uncategorized
Tag:

Anemia adalah suatu kondisi turunnya kadar sel darah merah (hemoglobin) dalam darah yang normal pada wanita sekitar 12 ,g/dl dan 14 mg/dl pada laki-laki. Berkurangnya sel darah merah sangat membahayakan tubuh oleh karena sel darah merah berfungsi sebgai sarana transportasi zat gizi dan oksigen yang diperlukan jaringan tubuh.
Berkurangnya sel darah merah dapat terjadi akibat keadaan tertentu seperti pendarahan, gangguan pembentukan sel darah merah,berkurangnya asupan gizi, terutama zat besi dan lain-lain.
Apakah gejala anemia?
Gejala awal anemia kurang zat besi adalah keluhan badan lemah, lelah, kurang energi, kurang nafsu makan, daya konsentrasi menurun, sakit kepala, pandangan sering berkunang-kunang terutama dari keadaan duduk kemudian berdiri. Tanda lainnya adalah kelopak mata, wajah, ujung jari dan bibir biasanya pucat.
Bagaimana mencegah anemia?
Pencegahan yang terbaik adalah sebelum terjadi8 anemia, yaitu dengan menjaga agar dalam tubuh tersedia cukup zat besi untuk pembentukan sel darah merah.
Zat besi banyak dikandung dalam makanan baik hewan, sayuran, buah-buahan, sperti: hati, daging, telur, ikan, kentang, beras merah, kacang-kacangan, apel, jambu, pepaya, dan lain-lain. Keseimbangan asupan gizi sangat diperlukan untuk menjaga agar tidak terkena anemia

Cegah anemia dengan
• Makan makanan yang bergizi
• Lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur
• Terapkan perilaku hidup bersih dan sebab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s